Apple mengadopsi port USB-C adalah rumor yang telah kita lihat sebelumnya, tetapi inilah yang membuat segalanya berbeda tahun ini.



Kumpulan kebocoran terbaru pada seri iPhone 14 yang akan datang bisa menjadi salah satu yang paling penting dalam beberapa tahun terakhir. Sejak iPhone muncul, Apple telah menambahkan portnya sendiri ke ponselnya untuk pengisian daya dan transfer data. Namun, sekarang tampaknya seri iPhone akhirnya dapat beralih ke USB-C yang sangat dibutuhkan.

Leaker 'LeaksApplePro' yang memiliki catatan campuran dengan kebocoran akurat, kini telah menyarankan melalui iDropNews bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk mengganti port Lightning pada iPhone 14 dengan port USB-C. Namun, laporan tersebut juga menambahkan bahwa seluruh jajaran iPhone 14 mungkin tidak melihat peralihan, dan hanya varian Pro dan Pro Max yang dapat beralih ke USB-C.


Mengapa rumor itu lebih berbobot pada tahun 2021

Apple mengadopsi port USB-C adalah sesuatu yang telah diklaim sebelumnya dan kami kemungkinan akan melihatnya lagi jika seri iPhone 14 tetap menggunakan Lightning. Namun, 2021 bisa menjadi tahun di mana Apple beralih. Ini karena Apple juga menghadapi masalah hukum dan lingkungan yang mungkin memaksa perusahaan untuk beralih ke USB-C.

Badan AS dan UE telah mendorong merek teknologi untuk menormalkan standar kabel pengisian tunggal, yang kebetulan adalah USB-C. Langkah ini mendapatkan momentum karena manfaatnya, termasuk pengurangan limbah elektronik.


Mengapa iPhone benar-benar dapat memanfaatkan USB-C

Seri Apple iPhone adalah satu-satunya seri utama yang menggunakan port mereka sendiri, di era di mana bahkan aksesori audio, display, laptop, dan bahkan tablet semuanya mengadopsi desain port Type-C universal. Bahkan tablet dan MacBook Apple sendiri menggunakan port Type-C sekarang, membuat keputusan untuk tetap menggunakan Lightning di iPhone bisa dibilang tidak ada gunanya.

Ini terutama berlaku untuk pengguna iPhone, yang harus membawa kabel atau adaptor Lightning ke mana pun mereka pergi, sementara sebagian besar, jika tidak semua teknologi mereka yang lain, sekarang diisi oleh satu kabel USB-C. Ini juga membuat segalanya berantakan bagi pembuat aksesori pihak ketiga, yang harus mengadopsi USB-C dan memenuhi perangkat mereka untuk pengguna Android, mengadopsi Lightning untuk memenuhi basis penggemar iOS, atau membuat varian terpisah dari aksesori mereka untuk kedua belah pihak. Ini masih meninggalkan aksesori ini tanpa interoperabilitas.

Tidak dapat disangkal bahwa peralihan ke USB-C mulai tahun depan dapat membantu pembeli iPhone baru lebih dari sebelumnya, terutama jika mereka memiliki perangkat Apple lain seperti MacBook atau iPad, yang semuanya menggunakan USB Type-C sekarang.

Post a Comment

Previous Post Next Post